Budget Lengkap Liburan di Belitung. Gak Sampai 2jt!

Hai, hai! Udah lama nih, ga nulis blog pribadi, hehe. Kali ini, aku mau bagi cerita liburan di Belitung minggu lalu. Jadi, ini liburan yang persiapannya paling cepat dan gak pake ribet. Baru aja ngajak Selvi dan Rona, tiba-tiba si Selvi udah share tiket pesawat yang udah terbit! I love this no wacana geng! Kita liburan bertiga……….

Oke, jadi selain bagiin cerita liburan, aku juga mau ngasih budget lengkap untuk liburan di Belitung, selama 2 hari 1 malam. Check this out, gengs!

Tiket Pesawat PP Jakarta-Belitung

Ini lucu banget, sih. Jadi, aku, Selvi, sama Rona pilih penerbangan yang masing-masing berbeda. Alasannya, si Selvi udah pesan duluan. Pas kita mau pesan, eh tiketnya udah habis. Kedua, pesawatku dan Rona tiba-tiba direshedule ke sore. Akhirnya kita pesan ulang. Nah, pas aku udah pesan, tiket paling dulu itu jam 10 pagi. Setelah ku pesan, muncul tiket yang cepat yaitu jam 5 subuh dan Rona pesan yang itu :’)

Untuk harga tiket pesawatnya, aku pesan tiket berangkat  500 ribuan dan pulang 600 ribuan. Jadi total 1jt 100rb. Yyay!

Transportasi selama di Belitung

Untuk transportasi, awalnya kami mau sewa motor. Tapi karena ternyata Belitung itu panaaaas banget, kami naik taxi online ke sana kemari. Berhubung jarak dari satu tempat ke tempat lainnya gak terlalu jauh, ongkosnya enggak mahal. Tapi, kalau dihitung-hitung, sebenarnya sewa mobil + supir itu jauh lebih hemat dan efektif, lho. Karena, masyarakat sekitar pasti lebih paham sama tempat ini daripada ulasan di Google. Buat yang mau sewa mobil, kalian bisa negosiasi langsung sama supirnya. Biasanya tarif sewa sekitar Rp500.000 untuk satu harian, udah termasuk BBM dan supir yang bisa sekalian jadi tour guide. Praktis, kan?

Hotel Quins Style Resort Belitung

Untuk hotelnya, kami milih yang lokasinya deket ke Dermaga Tanjung Kelayang. namanya Quins Style Resort. Jaraknya deket bangeeet, wei. Aslik. Dari hotel pantainya udah kelihatan. Bisa jalan kaki paling cuman 5 menitan. Nah, hotel ini bagus dan staff-nya super ramah. Waktu itu kita udah sampai di hotel sekitar jam 12 an dan mau early check in. Supaya bisa letakin barang dan langsung main ke pantai. Sama staff-nya dibolehin!

Sewa kapal + pelampung

Di Dermaga Tanjung Kelayang ini, tersedia banyak kapal yang bisa disewa. Gak perlu booking dulu, karena selalu ada kapal yang tersedia di pinggir dermaga. Harga sewa satu kapal itu 400rb untuk disewa satu harian. Kalian juga bisa sewa pelampung seharga 25rb. Selama hopping island, kita didampingi sama dua orang.

Bapaknya baik banget. Kita singgah di dua pulau, karena kita kesiangan mulai island hopping-nya. Nah, di pulau ini, bapaknya ikut turun dan mendampingi kita. Dia nunjukin spot-spot foto yang keren dan bantu fotoin kita juga.

Pulau Lengkuas

Nah, pertama kita mampir di Pulau Lengkuas. Ya ampun pantainya bagus bangeeet! Airnya super biru dan pasirnya putih bersih. Di pasir-pasir ini ada kulit kerang dan karang yang udah beku. Aku ambil beberapa butir untuk dimasukkan ke pot bunga artifisial yang ada di kamarku.

Seperti pantai Belitung pada umumnya, di pantai ini ada banyak batu-batu berukuran besar. Di sisi-sisi batunya ada air pantai dan di sana banyak yang berenang! Tapi kita memutuskan untuk gak berenang karena ga bawa baju.

Pantai Kelayang

Pantai kedua sekaligus pantai terakhir, kami mampir ke Pantai Kelayang. Sekilas pantainya kayak kecil gitu. Sampai kita melewati goa dan ternyata di sana ada hamparan pantai yang lebih gede. Berasa menemukan hidden gem, deh!

Kita nungguin sunset! Pas golden hour dan lagi duduk-duduk di tepi pantai, si Selvi fotoin aku di sini. Secara gak sengaja kita menemukan spot foto super kece. Dengan latar belakang ranting pohon dan daun yang berguguran, fotonya makin kece dengan cahaya dari golden hour. Sukaaaaaa!

Ini dia sunset dari Pantai Kelayang! Bagus banget kaaan? Gak sia-sia kita menunggu lama dan kita ada di tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Nah, pas kita balik, pulaunya udah sepi banget. Ternyata pengunjung lain udah balik ke dermaga. Sesampainya di hotel, kita isi perut dulu di cafe kong Djie Quins yang ada di lobi hotel.

Day 2 Mie Atep Belitung

Hari kedua kita makan di Mie Atep Belitung, salah satu penjual mie khas Belitung yang paling terkenal. Pas masuk ke sini, dindingnya penuh sama foto-foto ownernya sama orang-orang terkenal. Mulai dari Megawati, Puan Maharani, artis-artis, dan banyak banget orang terkenal yang udah pernah makan di sini. Rasanya enak banget! Seporsinya cuman 25rb aja.

Warung Kopi Ake

Oh, iya. Sebelum ke Kopi Ake, kita mampir dulu ke toko oleh-oleh yang ada di sebelah Mie Atep Belitung. Tokonya cukup lengkap dan harganya standard. Nah. jalan kaki beberapa meter ke sebelah kiri toko oleh-olehnya, ada warung kopi yang legendaris. Di Warung Kopi Ake ini, kalian wajib banget pesan pisang goreng dan kopi susu. Pisang gorengnya manis dan enak bangettt.

Danau Kaolin

Dari Kopi Ake, kita ke Danau Kaolin. Jaraknya gak terlalu jauh. Naik mobil paling sekitar 15 menitan. Nah, di sini drama liburan kita bermula. Pas kita di jalan sih cuman gerimis. Tapi pas udah sampe di Danau Kaolin, hujannya tambah derasss 😦 Akhirnya kita cuman foto-foto sebentar dan langsung masuk ke mobil. Untuk tempatnya, danau ini bagus dan mirip kawah putih pada umumnya. Tapi, di sini kamu cuman bisa foto-foto dan gak boleh turun. Oh, iya. Foto-foto di sini gratis, lho.

Belitong Timpo Duluk

Dari Bapak supir yang menemani, kami direkomendasikan untuk isi perut di Belitong Timpo Duluk. Tempat makannya didekor seperti Belitung di masa lalu. Terdiri dari dua rumah panggung, kami pilih duduk di lantai dua rumahnya. Interiornya keren banget. Di dalam dihias dengan barang-barang zaman dulunya orang Belitung. Makanannya enak dan harganya standar.

Untuk minumannya, aku pesan Es Jeruk Hamoi. Warnanya agak kemerahan dan rasanya sedikit asem. Cocok diminum pas lagi dingin! Oh, iya. Di bagian depan Belitong Timpo Duluk ini ada toko oleh-oleh. Jadi kalau gak sempat beli buah tangan, mampir aja ke sini.

Belitung Mangrove Park

Ini destinasi terakhir kita sebelum balik ke Jakarta. Berhubung kita pulangnya sore, jadi masih ada waktu untuk jalan-jalan di sekitar bandara. Awalnya sih masih sedikit gerimis. Tapi tiba-tiba, langit jadi cerah dan kita bisa main sepuasnya! Hutan Mangrove di sini ditanami banyak tumbuhan air dan di sisi-sisinya dikasih spot foto gitu. Jadi, sambil kita mengelilingi hutan, bisa sambil foto-foto syantik, deh!

Pas jalan sedikit ke sebelah kanan, ternyata ada pantai juga, lho. Airnya bersih dan pasirnya putih. Ah, keren banget, deh. Kalau aja jadwal pesawat kita lebih malam, bisa lebih puas main di hutan mangrove ini.

Oke, deh. Itu dulu cerita liburan ke Belitung kali ini. Rincian biayanya ada di bawah ini, ya. Buat teman-teman yang mau liburan ke Belitung, bisa cacat budget ini!

============================================================

Tiket pesawat PP Jakarta – Belitung: 1.100.000

Transportasi selama di Belitung: 500.000 : 3 (166.000)

Hotel dapat promo: 300.000: 3 (100.000)

Sewa kapal: 400.000: 3 (133.000)

Makan siang di pulau (Indomie rebus dan minum) : 20.000

Makan malam Cafe kong Djie Quins (roti bakar, pempek, dan jus mangga): 30.000

Mie Atep Belitung (mie dan air mineral) : 30.000

Warung Kopi Ake (kopi dan gorengan): 13.000

Belitong Timpo Duluk: 158.000 : 3 (52.000)

Belitong Mangrove Park: 10.000

Oleh-oleh: 150.000

11 thoughts on “Budget Lengkap Liburan di Belitung. Gak Sampai 2jt!

1. Wah itu mercusuar keren banget, catnya tebel, bahan 100% besi baja. Dari atas kelihatan lautan bagian dangkal dan dalam. Karang laut terlihat bagus banget. Pertemuan arus air tawar dan air asin terlihat jelas….super kerennn😁