Berwisata Keliling Siantar, Jangan Lupa ke Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara. Ayo, jawab jujur. Kamu berhasil membaca nama vihara ini setelah percobaan keberapa? Pengucapannya agak susah ya. Nama ini berasal dari bahasa Sansakerta untuk sebutan lain Dewi Kwan Im. Kalau diterjemahkan secara langsung artinya adalah “Sang penguasa yang melihat atau mendengarkan ke bawah (ke dunia) dengan Welah Asih.

Vihara Avalokitesvara Siantar
Vihara Avalokitesvara Siantar

Meski vihara ini sebetulnya merupakan tempat beribadah bagi umat Buddha, semua agama, suku, ras, atau budaya apapun boleh berkunjung dan menikmati keindahan vihara ini. Tak heran Pematang Siantar berhasil menyandang gelar kota paling toleran di Indonesia berdasarkan hasil survey yang dilakukan Setara Institute.

Vihara Avalokitesvara Siantar
Vihara Avalokitesvara Siantar

Tempat ini dibangun sekitar 3 tahun lamanya dan diresmikan pada 15 November 2005, berlokasi di tengah kota Pematang Siantar tepatnya di Jalan Pane Pematang Siantar. Mencari lokasinya sangat mudah dan kamu ga bakal nyasar. Sangking tingginya, dari kajauhan patung ini sudah kelihatan. Oia, di tahun 2008 lalu, patung ini dinobatkan sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara. lho. Wah, bangganya….

Oke. Sekarang aku mau menggambarkan keseluruhan lokasi wisata ini. Jadi vihara terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah khusus untuk beribadah dan bagian atasnya barulah tempat untuk para wisatawan foto-foto di patung yang super megah ini. Tapi sebelum naik ke atas, kita udah disambut oleh 2 buah patung catur mahadewa-raja yang ada di sisi kiri dan kanan tangga. Katanya patung ini melambangkan malaikat pencatat kebaikan dan keburukan orang-orang.

Begitu naik ke atas, kita disuguhkan pemandangan yang super keren di sekeliling vihara. Tempatnya asri banget. Di bawah ada taman yang dipenuhi sama tanaman-tanaman hijau, bebatuan, bahkan ada kolam yang lebih mirip sungai. Dari atas kelihatan kayak hutan mini gitu ya. Terus di sekelilingnya juga ada patung-patung Dewi Kwan Im berukuran lebih kecil.

Vihara Avalokitesvara Siantar
Vihara Avalokitesvara Siantar dikelilingin oleh berbagai patung

Nah, sesudah sampai di lantai 2, barulah terpampang pemandangan yang super keren. Lokasinya luas banget. Jadi kalau kamu mau foto-foto, seramai apapun tempat ini, kamu bakal tetap dapat spot foto yang bagus. Selain patung Dewi Kwan Im setinggi lebih dari 22m ini, kamu juga bakal nemuin lonceng berukuran besar dan roda doa (praying whell), serta berbagai patung lainnya yang ga kalah bagus.

Review tentang tempat wisata Pematang Siantar yang sangat populer ini adalah, tempatnya superrr bagus, mudah banget ditemui, kaya akan ilmu pengetahuan (di bagian depan vihara dijelaskan berbagai hal tentang vihara ini mulai dari patung, sejarah, dll, atau kamu boleh nanya-nanya sama penjaga yang ada di sana), tempat parkirnya super luas, dan yang tak kalah penting, masuk ke sini GRATIS, gaees! Wajib masuk bucket list-nya para budget traveler nih.

Vihara Avalokitesvara Siantar
Setelah berkali-kali batal karena selalu hujan. akhirnya kesampean juga main ke sini

Oia, kalau kalian mau berkunjung ke sini, saranku datang di antara jam 4 atau 5 sore aja ya. Karena kalau siang panasnya terik buanget. Karena tempatnya luas dan ga ada penutup sama sekali di bagian atasnya. Okedehh, itu dulu cerita untuk hari ini. Ingat ya, kalo jalan-jalan ke Siantar, jangan lupa singgah ke Vihara Avalokitesvara dulu, baru deh belanja oleh-oleh ke Roti Ganda. See you on my next article!

Advertisements

26 thoughts on “Berwisata Keliling Siantar, Jangan Lupa ke Vihara Avalokitesvara

  1. Hai, Ang. Salam kenal sebelumnya.

    Keren banget patungnya, mengingatkan gue sama Patung Dewi Kwan Im di kuil Kek Lok Si, Penang. Ternyata yang ini tertinggi se-Asia Tenggara ya. Salut buat Pematangsiantar yang jadi kota paling toleran senusantara, lanjutkan!

    Liked by 1 person

  2. wahh baru tau ada vihara Avalokitesvara di Siantar. saya tahunya yang di daerah Banten Lama tuh.
    Viharanya keren ya. nuansa abu-abu. kalau di Banten Lama tuh warna merah yang mendominasi.

    Like

  3. Buset namanya susah bener.. Bangga juga nih, dapet predikat patung dewi kwan im tertinggi se asia tenggara. Jadi inget dulu suka nonton kera sakti, liat dewi kwan im sering bantuin sungokong sama patkai. Kesana sore-sore emang tutup jam berapa itu? Sampe malem yah?

    Like

    1. Lihat Dewi Kwan Im langsung inget Kera Sakti. Kelihatan banget generasi 90an hehe.

      Kayaknya ga ada jam operasional deh mas. Kapan aja mau dateng sok, dateng aja. krn sebenarnya ini tempat ibadah..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s